PUPR ISO 37001 SMAP

Penerapan ISO 37001: Bukti Keseriusan Bina Konstruksi dalam Mencegah Penyimpangan Pengadaan Barang dan Jasa

Dalam upaya untuk mencegah penyimpangan dalam pengadaan barang dan jasa, Bina Konstruksi, yang merupakan bagian dari Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), telah mencanangkan penerapan ISO 37001 – Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). Langkah ini merupakan bukti nyata dari keseriusan Bina Konstruksi dalam menjaga integritas dan transparansi dalam proses pengadaan.

Pencanangan penerapan SMAP ISO 37001 ini bertujuan untuk mengadopsi praktik-praktik yang efektif dalam mencegah tindakan penyuapan dalam pengadaan barang dan jasa di sektor konstruksi. Beberapa poin penting terkait pencanangan SMAP ISO 37001 ini adalah sebagai berikut:

Komitmen Terhadap Integritas dan Transparansi
Bina Konstruksi menegaskan komitmennya terhadap integritas dan transparansi dalam pengadaan barang dan jasa. Dengan menerapkan ISO 37001, mereka berkomitmen untuk melibatkan praktik-praktik yang menjaga integritas, menghindari penyuapan, dan meningkatkan transparansi dalam semua tahap pengadaan.

Baca Juga: Pentingnya Implementasi ISO 37001 Dalam Membangun Reputasi Bisnis yang Kuat

Pembentukan Tim Implementasi SMAP ISO 37001
Untuk mendukung implementasi SMAP ISO 37001, Bina Konstruksi membentuk tim khusus yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan memastikan penerapan SMAP berjalan dengan baik. Tim ini akan melibatkan berbagai pihak terkait, termasuk pihak internal dan eksternal, dalam menjaga kepatuhan terhadap prinsip-prinsip SMAP ISO 37001.

Penyusunan Kebijakan dan Prosedur
Bina Konstruksi akan menyusun kebijakan dan prosedur yang jelas terkait penerapan SMAP ISO 37001. Kebijakan ini akan mencakup langkah-langkah konkret yang harus diikuti dalam pengadaan barang dan jasa, termasuk pencegahan penyuapan, pemantauan, dan penanganan pelanggaran etika.

Pelatihan dan Kesadaran
Bina Konstruksi akan melaksanakan pelatihan dan program kesadaran bagi semua pihak yang terlibat dalam pengadaan barang dan jasa. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang risiko penyuapan dan pentingnya mematuhi prinsip-prinsip SMAP ISO 37001.

Evaluasi dan Perbaikan Berkelanjutan
Bina Konstruksi akan melakukan evaluasi rutin terhadap penerapan SMAP ISO 37001 dan melakukan perbaikan berkelanjutan sesuai dengan temuan dan masukan yang diterima. Langkah ini akan memastikan bahwa sistem ini tetap relevan, efektif, dan responsif terhadap perubahan lingkungan.

Pencanangan penerapan ISO 37001 oleh Bina Konstruksi merupakan langkah proaktif dalam memastikan pengadaan barang dan jasa di sektor konstruksi dilakukan dengan integritas dan transparansi. 

Dengan komitmen yang kuat, kebijakan yang jelas, dan kesadaran yang meningkat, Bina Konstruksi membuktikan keseriusannya dalam mencegah penyimpangan dan menjaga integritas dalam pengadaan. Semoga langkah ini akan menjadi contoh bagi sektor lain untuk mengadopsi praktik anti penyuapan yang efektif dalam upaya menciptakan lingkungan bisnis yang lebih bersih dan adil.

Share this :
×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Contact Us